Image

DSK : Dampak Teknologi Internet di Sektor Perbankan

Teknologi internet yang berkembang pesat semakin memudahkan kita dalam banyak hal, salah satunya dalam sektor perbankan. Dengan adanya internet, segala transaksi yang dulunya memerlukan kita untuk datang ke bank sekarang dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Sebelum adanya internet nasabah harus datang ke bank yang dituju untuk melakukan transaksi baik menabung ataupun mengambil uang. Hal ini mempersulit pengguna layanan untuk melakukan transaksi karena harus meluangkan waktu untuk datang ke bank. Hanya ada mesin ATM untuk mempermudah transaksi. Biasanya sebuah bank menciptakan ATM untuk nasabah yang tidak ingin mengantri terlalu lama dibank maka nasabah cukup datang ke ATM terdekat untuk melakukan transaksi.

Image placeholder
Image placeholder
Image placeholder

Setelah sektor Perbankan mengadaptasi teknologi internet, segala transaksi menjadi semakin mudah. Banyak bank swasta maupun negeri yang sudah beranjak ke era teknologi dengan fitur aplikasi bank berbasis mobile dengan nama mBanking.

Dengan adanya mBanking nasabah dapat mengatur semua transaksi dan tidak harus datang ke bank untuk melakukan transaksi. Hal ini sangat efisien dalam hal waktu yang digunakan karena nasabah tidak perlu mengantri dan tidak menguras waktu. Kemudian ada eWllet, eWallet sangat membantu masyarakat yang tidak ingin membawa uang cash atau fisik pada saat berpergian tetapi dapat melakukan transaksi jual beli dengan uang digital/cashless. Hal ini juga mempermudahkan kasir/penyedia jasa karena tidak perlu mencari uang kembalian.

Perkembangan teknologi ini tentu memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif dari teknologi ini antara lain, Efisien, Kita tidak perlu mengantri lagi untuk mendapatkan layanan perbankan, sehingga dapat menghemat waktu. Aksesibilitas, Untuk melakukan transaksi, nasabah hanya perlu smartphone yang dimiliki tanpa harus pergi ke bank atau ke mesin ATM. Selanjutnya, dalam melakukan pembayaran kita dimudahkan dengan cashless atau uang digital, tidak perlu membawa uang tunai dan hanya membawa handphone kita dapat bertransaksi jual beli dengan mudah.

Sedangkan dampak negatifnya adalah, Rawan Kejahatan, maraknya kasus penipuan seperti phising menjadi ssalah satu dakpak negative dari teknologi internet di sektor perbankan. Perlunya edukasi masyarakat terkait cybercrime dapat menjadi solusi dari permasalahan ini. Lapangan Pekerjaan Berkurang Dengan adanya internet banking, lapangan pekerjaan di bidang perbankan mulai berkurang dan berpindah arus ke bidang IT, dikarenakan digitalisasi yang semakin hari semakin canggih dirasa lebih relevan untuk merekrut ahli IT untuk mengelola sistem daripada teller atau petugas untuk melayani nasabah